GPIN Graduate Program Information Network
A non partisan clearinghous for the Improvement of Graduate Education in Indonesia
Universitas Negeri Yogyakarta back to GPIN
  go back to GPIN-UNS Home

 


PERSYARATAN UNTUK MENJADI MAHASISWA PROGRAM PASCASARJANA

 

A. PERSYARATAN MENJADI MAHASISWA

Setiap awal tahun akademik, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta menerima pendaftaran mahasiswa baru dengan persyaratan sebagai berikut:

1. Persyaratan Akademik

  1. Memiliki ijazah sarjana/S1. Bagi yang berasal dari Perguruan Tinggi Swasta ijazahnya harus telah disamakan dengan Perguruan Tinggi Negeri.
  2. Memiliki Indeks Prestasi (IP) paling rendah 2,75.
  3. Menempuh seleksi dengan Tes atau non Tes (Portfolio).
  4. Memiliki rekomendasi dari dua orang (mantan dosen atau atasan) yang menjelaskan kemampuan akademik untuk melanjutkan studi di Program Pasca-sarjana.

2. Persyaratan Non-Akademik

    1. Membayar uang seleksi sebesar Rp. 150.000,00 untuk satu Program Studi; atau Rp. 200.000,00 untuk dua Program Studi (jumlah tersebut dapat berubah).
    2. Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.
    3. Menyerahkan foto kopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi.
    4. Menyerahkan Surat Rekomendasi, yang menyatakan kemampuan akademik, karakter, dan kepribadian calon, dari dua orang pemberi rekomendasi, masing-masing rangkap 2 (dua). Format formulir telah disediakan.
    5. Menyerahkan surat ijin dari Rektor/Kopertis/Atasan bagi mereka yang telah bekerja untuk dapat mengikuti perkuliahan sesuai dengan peraturan yang ada.
    6. Menyerahkan Surat Keterangan Dokter, yang menyatakan bahwa calon mahasiswa itu mempunyai kesehatan yang cukup baik untuk mengikuti pendidikan Program Pascasarjana.
    7. Menyerahkan Surat Keterangan kesanggupan membayar biaya pendidikan bagi mereka yang dibiayai oleh lembaga, yayasan, organisasi tertentu atau pribadi.
    8. Menyerahkan amplop yang dibubuhi dengan alamat lengkap calon mahasiswa dan prangko kilat, untuk pengiriman informasi tentang hasil seleksi/ujian masuk.
    9. Syarat-syarat tersebut dimasukkan dalam stopmap yang warnanya disesuaikan dengan jurusan. (PEP: Merah, PTK: Kuning, IPS: Biru, PLS: Hijau dan MP: Abu-Abu)

B. POLA SELEKSI

Seleksi dilaksanakan di Kampus Universitas Negeri Yogyakarta atau di tempat lain yang ditentukan oleh Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Seleksi diadakan dalam bentuk Tes dan NonTes.

Tes meliputi:

1. Tes Kemampuan Akademik,

2. Tes Kemampuan Bahasa Inggris.

Mereka yang telah memiliki nilai TOEFL 425, dalam waktu satu tahun terakhir, dibebaskan dari Tes Kemampuan Bahasa Inggris.

NonTes : berupa portfolio.

C. HASIL SELEKSI

Kelulusan seleksi akan ditentukan berdasarkan peringkat nilai yang dicapai oleh masing-masing calon mahasiswa. Pengumuman hasil seleksi dikirimkan ke alamat masing-masing calon mahasiswa secara individual.

D. STATUS KEMAHASISWAAN

Calon mahasiswa yang lulus seleksi dapat memilih salah satu status: (1) full time  (2) part time. Semua mahasiswa yang memperoleh beasiswa harus memilih status full time.

E. PENDAFTARAN ULANG

Pendaftaran ulang harus dilakukan oleh semua mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta setiap awal semester. Untuk dapat melakukan pendaftaran ulang, mahasiswa harus meminta persetujuan penasehat akademik mengenai jumlah mata kuliah yang akan diambil pada semester yang bersangkutan.